Nglanggeran, Gunung Api Purba yang Cantik di Yogyakarta

DI Yogyakarta punya banyak destinasi yang cantik, salah satunya adalah Gunung Nglanggeran. Berada di Kabupaten Gunungkidul, gunung api purba ini punya banyak bebatuan hitam yang besar dan pemandangan cantik Yogyakarta dari ketinggian.
nglanggeran

Gunung Api Nglanggeran merupakan lokasi wisata yang baru dikenal, sejak ditetapkan sebagai kawasan material vulkanik. Gunung ini terletak di kawasan Baturagung, di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl. Tepatnya, Gunung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk dengan jarak tempuh 22 km dari kota Wonosari.

Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya, memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi dari berbagai sumber, dinyatakan Gunung Nglanggeran adalah gunung berapi purba.
Memasuki kawasan Gunung Nglanggeran, Anda akan disambut oleh bangunan berupa Joglo dan pohon beringin yang di tutupi dengan kain putih. Kemudian terdapat juga patung Ki Semar yang menghadap ke Pohon beringin tadi. Bagi yang membutuhkan pemandu, Anda bisa menghubungi bagian loket yang ada di sebelah barat. Teman–teman yang tergabung dalam kelompok Karang Taruna ini akan menyambut Anda dengan ramah.

Untuk menaiki gunung ini dibutuhkan stamina dan semangat yang luar biasa. Jika cuaca tidak terlalu panas. Lebih cenderung mendung berawan, sangat cocok untuk menaiki gunung api purba ini.
Banyak jalan yang sebenarnya sulit untuk dilewati, namun di setiap pemberhentian perjalanan disediakan Pos istirahat (1-4 pos).

Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan nan cantik dari setiap sudut pandang, belum lagi di puncak gunung. Tidak sia-sia setiap jengkal tanah yang akan dilewati, semua terbayar di puncak gunung ini. Di sinilah pemandangan dari segala penjuru Gunungkidul terlihat dengan indah.

Source : http://travel.detik.com/readfoto/2013/08/12/104400/2317328/1026/1/nglanggeran-gunung-api-purba-yang-cantik-di-yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>